Minggu, 02 April 2017

MEDIA PEMBELAJARAN KELAS 4 SD KURIKULUM 2013


LACIKU
Langkah Cita-citaku
 
 “LACIKU” adalah kependekan dari Langkah Cita-citaku, yang mana media ini merupakan media yang digunakan untuk pembelajaran kelas 4 SD dengan tema cita-citaku. Sesuai dengan kurikulum 2013 yang berbasis pembelajaran tematik terpadu, Laciku didesain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai media mengajarkan beberapa mata pelajaran dengan satu kali putaran permainan. Media ini dapat digunakan secara individual, kelompok di dalam kelas maupun luar kelas.
Secara fisik, media ini berbentuk balok lebar yang dilengkapi dengan lingkaran berwarna-warni yang merupakan bagian utama dari media, laci yang digunakan untuk menyimpan kartu-kartu,  dan kaki yang berfungsi sebagai penyangga. Media ini memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing, diantaranya :
1.      Angka yang berurutan
Angka-angka hanyalah sebagai tanda atau nomor urut tiap-tiap pintu, sehingga anak akan mengetahui ke arah mana mereka akan melangkah.
2.      Gambar jejak kaki
Gambar jejak kaki ini hanyalah sebagai simbol. Sesuai dengan nama medianya, “Laciku” (Langkah cita-citaku), jejak kaki berfungsi sebagai simbolisasi dari langkah yang siswa tempuh.
Dadu dan Pion Pemain
3.      Dadu
Dadu digunakan untuk menentukan berapa langkah pion akan berjalan. Dadu yang digunakan ada 2 buah.
4.      Pion pemain
Digunakan untuk menandai jalannya permainan untuk masing-masing pemain.
5.      Pintu cita-cita
Pintu-pintu ini berisi gambar-gambar profesi, deskripsi dan motivasi. Ada juga beberapa pintu-pintu kecil ini yang hanya berisi jebakan dan juga berisi Kartu Rintangan yang akan mendukung maupun menghambat langkah siswa. Gambar profesi berguna untuk memberikan gambaran pada siswa mengenai penampilan sebuah profesi tertentu secara konkrit. Gambar ini pun dapat menarik perhatian siswa sehingga akan memperluas pengetahuan mengenai beberapa profesi yang ada
Kartu Deskripsi
Kartu Rintangan

6.      Kartu Deskripsi
Media pembelajaran “Laciku” dilengkapi pula dengan  kartu deskripsi. Kartu deskripsi berisi sedikit ulasan tentang profesi yang berada di masing-masing jendela cita-cita. Kartu ini pula terdapat petunjuk mengenai keahlian yang harus dikuasai oleh masing-masing profesi. Kartu ini disimpan di dalam laci pintar.
7.      Kartu Rintangan
Kartu rintangan berisi soal-soal yang sesuai dengan mata pelajaran yang mendukung suatu profesi tertentu. Misalnya kita ambil contoh seorang pilot, sebagai seorang pilot harus pandai dengan pelajaran matematika, maka diberikan soal matematika di dalamnya. Jika siswa menjawab soal dengan benar, maka ia berhak untuk maju 2 langkah. Namun, jika siswa salah menjawabnya maka ia harus mundur 1 langkah sesuai dengan peraturan. Kedua hal tersebut mengajarkan pada siswa, bahwa untuk mencapai suatu tujuan, akan dihadapkan dengan berbagai rintangan yang akan mendukung maupun menghambat kita dalam mencapainya. Namun, bagaimanapun rintangan yang dihadapi kita harus tetap semangatdan pantang menyerah untukmencapai tujuan tersebut.
8.      Aturan Permainan
Aturan permainan berisi peraturan yang berlaku ketika siswa menjalankan pemainan. Peraturan ini harus dibaca dan dipatuhi oleh pemainnya.
9.      Laci Pintar
Laci ini digunakan untuk menyimpan kartu rintangan, kartu deskripsi, aturan pemainan serta perangkat-perangkat media lainnya.


B.     Aturan Permainan
  1. Letakkan pionmu masing-masing di luar lingkaran.
  2. Adu kekuatanmu dengan melempar dadu. Yang mendapat angka terbesar, dialah yang akan main urutan pertama dan seterusnya!
  3. Pemain pertama, sekarang giliranmu. Ayo lempar dadu dan berjalanlah melewati pintu-pintu itu!
  4. Bukalah pintu cita-cita tempatmu berhenti, lihat gambar apa yang ada di dalamnya!

a.   Jika kamu mendapatkan pintu dengan gambar suatu profesi tertentu, maka carilah kartu deskripsi yang bertuliskan sesuai dengan nama profesi yang terlihat! Bacalah deskripsinya biar kamu lebih keren dan pandai!
b.    Jika kamu mendapatkan pintu rintangan, carilah kartu rintangan dan jawablah pertanyaan yang ada di dalamnya ! Jika kamu menjawab pertanyaannya dengan benar maka kamu berhak untuk maju 2 langkah tanpa melempar dadu, namun jika kamu salah, kamu harus mundur 1 langkah.
c.    Jika kamu mendapatkan pintu “zonk”, maka kamu harus mengikuti intruksi yang ada di dalam pintu tersebut.
       Ayo segera capai finish dan kamu akan kaya! Kaya pengetahuan tentang berbagai profesi dan kamu tidak akan ragu lagi untuk menggapai cita-cita. Jangan pernah menyerah dan tetaplah berusaha!
          Bermainlah secara sehat dan sportif!
 Semoga bermanfaat !!
sumber : http://trifel.blogspot.co.id/2014/06/media-pembelajaran-kelas-4-sd-kurikulum.html
Share:

0 komentar:

Calendar

Music

Animasi

clock

Blogroll

BTemplates.com